Waspada Banjir Besar, 46 RW di Jakarta Sudah Terendam

Waspada Banjir Besar, 46 RW di Jakarta Sudah Terendam
Banjir rendam Jakarta

SEBANYAK 46 RW di 12 kecamatan di Jakarta terendam banjir, karena curah hujan tinggi, sejak Rabu (19/2) malam hingga Kamis (20/2) siang.

"Ketinggian genangan di Jakarta Timur antara 5-250 Cm karena curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung," kata Kepala Pusdatin BPBD DKI Mohammad Insaf, Kamis (20/2).

Insaf merinci sebanyak 16 RW dengan dua kecamatan di Jakarta Timur tergenang banjir. Sementara itu, Jakarta Barat ada 15 RW dengan tiga kecamatan tergenang akibat curah hujan tinggi dan luapan Kali Angke. Tinggi genangan antara 5-40 cm.

Kemudian Jakarta Selatan 13 RW dengan lima kecamatan terkena banjir akibat luapan Kali Ciliwung dengan tinggi banjir berkisar 20-150 cm. Sedangkan Jakarta Pusat hanya terdapat satu RW dan satu kecamatan terdampak banjir dengan tinggi air 10 cm. Untuk Ketinggian genangan Jakarta Utara antara 5-15 cm dengan satu RW dan satu kecamatan terdampak.

"Kedua wilayah tergenang karena curah hujan tinggi," ucap Insaf.


Insaf melanjutkan pihaknya telah melakukan penanganan banjir dengan menyedot air genangan menggunakan pompa yang menenggelamkan ratusan rumah di jakarta terendam banjir. BPBD juga berkoordinasi dengan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan serta Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta.

Sementara itu, Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya akan mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan petir, Kamis (20/2).

Hujan diperkirakan merata di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu.

Untuk wikayah Jakarta Barat hujan akan turun hujan sedang pada malam hari, sementara wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu akan mengalami hujan pada malam hari.

Pada dini hari nanti, wilayah Jakarta juga akan diguyur hujan intensitas ringan sampai sedang disertai angin kencang dan petir dengan perkiraan suhu antara 24-32 derajat celsius.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Kamis (20/2) pagi menyiarkan peringatan dini bencana banjir kepada warga
bantaran sungai, menyusul naiknya tinggi muka air di Pos Pantau Pesanggrahan hingga 165 cm atau status Siaga III. (OL-2)

Sumber : mediaindonesia

Posting Komentar

0 Komentar