Kontroversi Agnes Mo Tentang Bukan Berdarah Indonesia - IndoToday.net - Majalah Inspirasi Untuk Kita Semua

Rabu, 27 November 2019

Kontroversi Agnes Mo Tentang Bukan Berdarah Indonesia

Kontroversi Agnes Mo Tentang Bukan Berdarah Indonesia
Ribut-ribut soal video penyanyi yang bilang nggapunya darah Indonesia masih belum redam, dan gue baru menyelesaikan buku ini dalam sekali duduk bengong di kafe deket rumah. Mendadak relate.

RuangQQ  – Ngga jauh beda dengan kisah-kisah 65 lainnya, buku ini mengangkat latar Batukaru, salah satu desa di Bali. Tentu saja kisah nyata, yang dialami sendiri oleh penulisnya. Masih sama bikin merindingnya, masih sama bikin tegangnya, dengan kisah-kisah 65 lainnya. Walaupun cara menulisnya lebih kayak buku sejarah, tapi gue cukup menikmati dan terlarut, sampe posisi duduk gue dari selow santai berubah jadi kaku tegak dan dahi gue berkerut. Minuman yang gue pesen sampe mendadak nambah volumenya karena es-nya leleh gue cuekin.

Link  –  http://www.ruangqq.club

Setiap kali ada buku yang berlatar suatu daerah spesifik dan penulisnya asli dari sana, gue selalu terkesan karena selalu ada fakta-fakta trivial yang buka wawasan sekali. Jadi nemu sesuatu yang baru gitu. Apalagi penulisnya emang menggeluti ilmu budayanya, jadi percaya kalo yang ditulis bukan riset sembarang riset.

Terus hubungannya sama penyanyi tadi apaan? 

https://works.bepress.com/ruangqq/2/ Di twitter, isu ini meleber kemana-mana, sampe ke analisis bahwa si penyanyi dengan segenap atribut minoritasnya, dianggap terkena dampak 98 dulu. Sehingga sangat masuk akal kalau beliau merasa berbeda di negaranya sendiri.

Buku ini menggambarkan beberapa detil kejadian pedih 65 dulu. Membayangkan rasanya menjadi tokoh-tokoh ceritanya tuh rasanya berat untuk memaafkan dan menerima kenyataan disakiti negara sendiri. Apalagi dampaknya sampe bertahun-tahun setelahnya, yang kena sampe bergenerasi-generasi setelahnya. Kalo tetep berusaha mencintai sesuatu yang selama ini yang dirasakan cuma pedih pilu sakit susah, toxic ngga sih?

Nanti kalo teknologi mesin waktu udah ada, harus ada paket tur ke masa lalu bagian sejarah negara sih. Biar ngga ketipu buku IPS sekolahan dan sejarah populer, biar liat sendiri, biar tau mana yang bener.

Biar kalo cinta sama sesuatu tuh ngga buta. Biar ngga mengglorifikasi label dan identitas.

Sumber: https://crescenthemums.tumblr.com/post/189344005249/ribut-ribut-soal-video-penyanyi-yang-bilang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk Segera bergabung dan bermain di GarudaQQ Poker Online Terpercaya