Biografi Sang Laksamana Muda John Lie - IndoToday.net - Majalah Inspirasi Untuk Kita Semua

Selasa, 05 Juni 2018

Biografi Sang Laksamana Muda John Lie

Nama : John Lie
Tempat Lahir : Manado, Sulawesi Utara
Tanggal Lahir : 9 Maret 1911
Meninggal : 27 Agustus 1988, Jakarta, Indonesia (umur 77 tahun)
Makam :  Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta
Agama : Kristen
Warga Negara : Indonesia


  •     Biografi John Lie   
Seorang muda yang telah banyak berjuang demi kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia di usia mudanya dilakukan oleh John lie yang lir pada tanggal 9 maret 1911 atau ada juga versi lain yang mengatakan John lie lahir pada tanggal 11 maret 1911. John lie sendiri sudah sering beroperasi di luar negeri di berbagai negara dengan mengemaban tugas negara dan tugas internasional. Jasa besarnya tercatat di biografi John lie adalah jasanya ketika mempertahankan kemerdekaan republik Indonesia ketika sedang mengalami banyak krisis.

Salah satu krisis yang menimpa Indonesia waktu itu salah kas pemerintah Indonesia tang masih tips sehingga sulit bagi pemerintah runtuh bisa melakukan pembangunan. Oleh karena itu pemerintah berinisiatif melakukan ekspor komoditas untuk ditukarkan dengan senjata. Kenapa senjata ? karena pada waktu itu tentara memerlukan banyak senjata untuk menghadapi pasukan patroli Belanda yang masih tidak rela Indonesia merdeka selama ini. Untuk itu pemerintah menyuruh atau memerintahkan sang John lie untuk membawa 800 ton karet ke Singapura untuk ditukar senjata api. Biografi John lie terus berlanjut.

Selanjutnya John lie punya berapa pengalaman unik saat sedang melakukan barter baik ke Malaysia maupun Singapura. Seperti saat dia dendang membawa senjata semi otomatis. Pada waktu ia dan awaknya sedang mengalami kapal kandas. Lalu datanglah pesawat patroli Belanda dengan dua orang dia alamnya yang menodongkan senjata ke arah kapal. Namun beruntung pesawat itu tidak jadi ditembak. Mungkin karena bahan bakar pesawat yang mau habis dan sebagainya. Akhirnya John lie pun selamat. Senjata senjata itu kan diberikan kepada pejabat pemerintahan seperti bupati ria sebagai senjata untuk melawan pasukan patroli Belanda yang mencoba merebut kemerdekaan Indonesia kembali. Biografi John Lie pun berlanjut.

John lie pernah ditangkap oleh pasukan perwira Inggris ketika melintas dan hendak melakukan penjualan di Singapura. Ia pun diadili di pengadilan Singapura, namun akhirnya ia bebas karena tak terbukti melanggar hukum. Menurut sahabatnya Abdul has Nasution seorang John lie pelaut dan tentara angkatan laut yang tak gentar oleh apapun.biografi John Lie terus berlanjut.

Ketika John lie menyerang ke Maluku dalam misi menghancurkan dan membasmi republik Maluku selatan yang radikal dan hendak merdeka Maluku selatan tentu saja membuat pasukan ini begitu hebat dam menumpas pemberontakan radikal tersebut. Bahkan John lie yang sudah bergelar laksana muda ini merupakan seorang yang sangat baik dan menikah do usia 45 tahun. sedangkan Ia meninggal dengan membawa abangan sebagai seorang laksamana muda yang menorehkan kisah biografi John Lie yang dikenang oleh generasi muda bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar